Terungkap! Ini Penyebab Kenapa MIUI 12.5 Boros Baterai dan Solusinya

Nah sebagian pengguna hp xiaomi atau yang memakai versi MIUI mengatakan bahwa setelah mereka update versi MIUI terutama yang versi 12.5 itu pemakaian baterai menjadi boros. Nah tentu ini sangat disayangkan bukan dan banyak pengguna juga yang agak nyesel update, namun kenapa MIUI 12.5 boros baterai?

kenapa miui 12.5 boros baterai

Pada era digital seperti saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu faktor yang sangat memengaruhi pengalaman pengguna adalah daya tahan baterai.

Sebagai pengguna smartphone, kita selalu mencari sistem operasi yang dapat memberikan keseimbangan optimal antara fitur canggih dan efisiensi baterai.

Dalam hal ini, MIUI 12.5, yang merupakan salah satu pembaruan terbaru dari xiaomi meski bukan baru-baru banget sih, telah menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna.

Meskipun membawa sejumlah fitur baru yang menarik dan perbaikan yang dijanjikan, ada keluhan yang muncul terkait dengan konsumsi baterai yang meningkat setelah pembaruan.

Nah pada artikel berikut ini kami akan membahas mengapa MIUI 12.5 dianggap boros baterai oleh sebagian pengguna. Kami akan menjelajahi faktor-faktor yang mungkin menyebabkan konsumsi daya yang tinggi dan juga memberikan solusi yang mungkin untuk mengatasi masalah tersebut

Kenapa MIUI 12.5 Boros Baterai

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mengapa hal tersebut terjadi, berikut diantaranya:

Optimasi Sistem Operasi dan Manajemen Daya

MIUI 12.5 menjanjikan optimasi sistem operasi yang lebih baik dan peningkatan manajemen daya. Namun, dalam beberapa kasus, penyesuaian ini mungkin belum mencapai tingkat yang diharapkan, menyebabkan konsumsi baterai yang lebih tinggi daripada versi sebelumnya.

Pengaruh Aplikasi dan Proses Latar Belakang

Aplikasi tertentu atau proses latar belakang yang berjalan secara terus-menerus dapat secara signifikan dapat menjadi faktor kenapa miui 12.5 boros baterai.

Meskipun MIUI 12.5 mungkin memiliki fitur pengelolaan aplikasi yang lebih canggih, beberapa aplikasi mungkin tidak dioptimalkan dengan baik untuk bekerja dengan sistem operasi baru ini.

Selain itu sinkronisasi data dengan layanan cloud seperti sinkronisasi foto atau backup data secara terus-menerus dapat menjadi penyebab borosnya konsumsi baterai.

Jika sinkronisasi ini terjadi terlalu sering atau dalam jumlah besar, hal itu dapat menyebabkan perangkat bekerja secara berlebihan dan menguras daya baterai.

Simak juga: Cara Mengatasi Lag Di Miui 12 Dengan 6 Langkah Terbaru dan Terbukti

Dampak dari Tampilan Grafis dan Efek Visual Tambahan

MIUI 12.5 membawa sejumlah fitur visual yang menarik, seperti animasi yang lebih halus dan efek transisi yang lebih indah. Namun, fitur-fitur ini memerlukan sumber daya yang lebih banyak, terutama daya prosesor dan grafis, yang dapat berdampak pada konsumsi baterai.

Pemanfaatan Sumber Daya Oleh Fitur-Fitur MIUI 12.5

Fitur-fitur baru dalam MIUI 12.5, seperti Always-on Display yang diperbarui atau peningkatan dalam sistem notifikasi, dapat memerlukan lebih banyak daya dari baterai.

Meskipun fitur-fitur ini menambah kenyamanan pengguna, mereka juga dapat mengurangi daya tahan baterai secara keseluruhan dan dapat menjdi faktor kenapa MIUI 12.5 boros baterai.

Masalah Terkait Pengaturan dan Konfigurasi

Beberapa pengguna mungkin telah mengatur perangkat mereka dengan pengaturan kinerja yang terlalu agresif, seperti pengaturan mode tingkat tinggi atau overlocking, yang dapat menguras baterai dengan cepat tanpa memberikan manfaat yang signifikan sehingga menyebabkan kenapa MIUI 12.5 boros baterai.

MIUI 12.5 mungkin mengalami beberapa masalah dalam manajemen daya dan aktivitas sistem yang tidak efisien, seperti proses yang tetap berjalan meskipun tidak diperlukan, atau kegagalan dalam mengoptimalkan penggunaan daya pada tingkat perangkat keras.

Simak juga: Berapa Lama Fastboot Xiaomi ? Simak Penjelasanya Lengkap

Solusi Mengatasi MIUI 12.5 Boros Baterai

Mengelola Aplikasi yang Menjalankan Proses Latar Belakang

Periksa aplikasi mana yang menggunakan daya baterai secara signifikan di latar belakang. Kalian dapat membatasi aktivitas latar belakang aplikasi-aplikasi tersebut melalui pengaturan baterai atau menggunakan fitur manajemen daya bawaan MIUI 12.5.

Jika sinkronisasi dengan layanan cloud seperti penyimpanan foto atau data tidak terlalu penting, pertimbangkan untuk mengurangi frekuensinya atau mematikannya sepenuhnya untuk sementara waktu. Ini dapat membantu mengurangi beban pada baterai.

Melakukan Pembaruan Sistem Terbaru

Pastikan perangkat kalian menggunakan versi MIUI 12.5 terbaru. Kadang-kadang, pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah terkait daya baterai dengan menyertakan perbaikan dan optimalisasi yang lebih baik.

Berikut cara cek updatenya:

  • Buka pengaturan hp xiaomi kalian.
  • Lalu pilih opsi pembaruan sistem.
  • Cek disitu apakah ada update atau tidak.

Simak juga: Cara Mengatasi Bug MIUI 13 Dengan 7 Solusi Efektif dan Mudah

Memperbarui Aplikasi ke Versi yang Kompatibel

Periksa apakah aplikasi-aplikasi yang kalian gunakan telah diperbarui ke versi yang kompatibel dengan MIUI 12.5. Aplikasi yang tidak diperbarui atau tidak kompatibel mungkin menyebabkan masalah kinerja dan penggunaan daya yang tidak efisien.

Menggunakan Mode Hemat Daya

Aktifkan mode hemat daya saat tidak menggunakan perangkat secara intensif. Mode ini biasanya mengurangi kinerja perangkat untuk menghemat daya baterai dengan membatasi aktivitas yang tidak perlu.

Jika kalian telah mengatur perangkat dengan pengaturan kinerja yang terlalu agresif, pertimbangkan untuk mengembalikannya ke pengaturan default atau mengurangi intensitasnya. Pengaturan yang terlalu tinggi dapat menguras baterai tanpa memberikan manfaat yang signifikan dalam kinerja.

Namun umumnya ketika sudah mengaktifkan mode hemat daya akan otomatis seperti mengurangi aplikasi dilatar belakang, mengurangi kecerahan layar dan lain sebagainya.

Simak juga: Panik! Kenapa MIUI Tidak Bisa Di Update Ini Penyebab dan Solusinya

Tunggu Update Selanjutnya

Biasanya masalah tersebut hanya sementara karena baru update atau banyak bug, nah solusinya biasanya dengan menunggu update selanjutnya yang memperbaiki itu semua.

Pembaruan selanjutnya biasanya adalah perbaikan dari update yang sebelumnya seperti banyak keluhan dan bug, jadi cobalah untuk menunggu update selanjutnya sambil menerapkan beberapa cara diatas.

Demikian informasi tentang kenapa MIUI 12.5 boros baterai beserta berbagai faktor penyebab dan solusi yang bisa kalian terapkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar